Amankah Produk Tupperware Dipergunakan Berkali-kali?

Di rumah, banyak ditemui berbagai jenis makanan yang harus diletakkan di tempat yang kedap udara atau tempat yang tertutup sehingga makanan akan menjadi lebih awet misalnya jenis kue kering ataupun jenis sayur yang akan dibawa untuk makan siang ketika Anda sedang di kantor. Banyak jenis produk yang menawarkan kelebihan seperti tempat makan yang aman dan tidak mudah untuk tumpah, tempat air minum yang aman dibawa kemana saja. Akan tetapi, diantaranya banyaknya produk yang ada saat ini, produk Tupperware menjadi produk yang paling banyak dipergunakan.

Tupperware merupakan sebuah produk yang dihasilkan oleh perusahaan bernama Tupperware Brand Corporation. Brand ini telah ada sejak 1946 dan berpusat di Orlando Florida. Menggunakan metode penjualan langsung seperti independent sales force atau yang disebut juga dengan sales force yang hingga saat ini terdapat lebih dari 1,9 juta orang dari seluruh dunia. Di Indonesia, produk yang diciptakan oleh Earl Silas Tupper ini secara resmi masuk pada tahun 1991 dan hingga saat ini terdapat lebih dari 74 distributor resmi yang ada di kota besar di seluruh Indonesia.


Produk Tupperware terkenal akan ketahanannya. Namun, beberapa orang masih meragukan apakah Tupperware aman jika dipergunakan karena produk ini menggunakan plastik sebagai bahan utamanya karena plastik dapat menjadi salah satu penyebab atau pemicu dari penyakit kanker serta gangguan reproduksi. Akan tetapi, Tupperware menggunakan jenis plastik yang aman untuk digunakan walaupun produk seperti tempat minum digunakan berkali-kali.

Menurut pada The Green Guide milik National Geographic Society dan berdedikasi dalam greener living menyebutkan jika bahan plastik yang dapat dipergunakan secara berulang yaitu:



  • Plastik tipe 2 atau HDPE atau High Density polyethylene yang terbuat dari minyak bumi sebagai bahan bakunya. Misalnya untuk membuat meja lipat, kursi lipat, kantong plastik,, wadah pengangkut bahan kimia.

  • Plastik tipe 4 atau LDPE atau low density polyethylene yang aman dipergunakan untuk tempat makanan dan minuman. Jenis ini mampu bertahan hingga temperature 90oC dalam waktu sebentar.

  • Plastik tipe 5 atau PP atau pliprepoline yang bisa di daur ulang dan biasanya terdapat angka 5 dan aman dipergunakan untuk tempat makanan dan minuman.

Tupperware biasanya menggunakan jenis plastik tipe 4 dan 5 yang aman dipergunakan dan dapat digunakan berulang. Sedangkan jenis plastik yang tidak aman dipergunakan dan sebaiknya dihindari adalah jenis plastik tipe 7 karena dapat melepaskan bahan kimia yang berbahaya jika dipergunakan secara berulang. Selain itu hindari tempat makanan dan minuman yang terbuat dari PVC atau plastik tipe 3 atau polyvinyl chloride yang terbukti berdasarkan penelitian dapat melepaskan zat kimia yang menyebabkan kanker.

Produk Tupperware aman untuk dipergunakan selain karena menggunakan bahan plastik tipe 4 dan 5 yang aman untuk digunakan berulang, namun juga telah melalui serangkaian tes sebelum produk tersebut dikeluarkan atau dipasarkan. Produk-produk tersebut telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh beberapa badan dunia misalnya dari Food and Drug Administration (FDA), Europe Food Safety Authority serta Japan Food Safety Commission. Tidak hanya aman dipergunakan namun juga ramah lingkungan. Dilengkapi garansi seumur hidup, produk dari Tupperware juga telah mendapatkan izin sepenuhnya dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM sehingga produk ini aman dipergunakan. Produk dari Tupperware selain aman dilihat dari bahan pembuatannya, namun juga mampu menjaga makanan dan minuman tetap higienis karena tutup atau seal yang ada pada tempat minum atau tempat makan.

0 comments:

Post a Comment

 
www.kalbariana.net © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects