Periode Perkembangan Bayi yang Butuh Perhatian Lebih


Bayi merupakan fase dimana seseorang memiliki tahap tumbuh kembang yang lebih pesat. Bahkan perkembangannya semakin hari terus kompleks. Baik pertumbuhan secara fisik maupun psikis. Sebagai ibu tentu saja Anda harus memperhatikan segala pertumbuhan yang dilewati oleh buah hati. Terutama di beberapa fase perkembangan bayi yang memang butuh perhatian lebih. Diharapkan dengan perhatian lebih dari ibu bisa membuat bayi tumbuh lebih bagus dan tidak mengalami keselahan pertumbuhan. Lantas pada fase apa sajakah yang butuh perhatian lebih banyak?


Mengangkat kepala


Contoh perkembangan pada bayi setelah dilahirkan adalah mengangkat kepala. Umumnya bayi akan mengangkat kepala mereka kurang lebih sebesar 45 derajat. Pada usia satu bulan biasanya ia sudah mulai melatih mengangkat kepala secara perlahan. Fase ini akan terus meningkat hingga mereka berusia 2 bulan. Ketika usianya menginjak 4 bulan, biasanya bayi sudah bisa mengangkat kepala mereka dengan sempurna sebesar 90 derajat. Agar bayi dapat melatih mengangkat kepala dengan sempurna, Anda bisa memberikan mainan kecil yang menarik untuknya.


Tengkurap


Setelah mengangkat kepalanya, tahap perkembangan bayi yang selanjutnya adalah tengkurap. Namun bayi tidak langsung bisa tengkurap dengan cepat. Ada latihan khusus yang biasanya akan mereka lakukan yakni dengan memiringkan kepala. Mungkin untuk membantunya cepat tengkurap secara mandiri, Anda bisa melatihnya setiap hari. Latihannya tentu saja dengan membantu bayi berubah ke posisi tengkurap. Sebaiknya jangan latih terlalu lama dan cukup beberapa waktu saja. Biarkan ia melakukan posisi tengkurap secara alami.


Memberikan respon


Setelah tengkurap, di usia 4 hingga 5 bulan bayi akan mulai memberikan respon. Respon yang diberikan buah hati beragam. Misalnya saja dengan berteriak, tertawa dan sebagainya. Nah, sebagai orang tua Anda harus memperhatikan hal ini dengan detil. Sehingga perkembangan respon buah hati lebih baik. Cara orang tua membantu bayi agar cepat merespon adalah seperti berikut:




  • Mengajaknya berbicara dan bercanda. Walaupun buah hati Anda belum terlalu memahaminya.

  • Sambil mengajak berbicara, Anda bisa juga melatihnya untuk berkomunikas.

  • Berikan mainan kecil yang membuatnya tertarik untuk berkomunikasi.


Itulah beberapa cara yang perlu dilakukan orang tua supaya bayi bisa memberikan respon yang baik.


Merangkak dan berjalan


Merangkak juga menjadi tahap perkembangan yang penting sekali untuk diperhatikan. Karena bayi yang sudah mahir merangkak biasanya tak lama kemudian ia juga mahir untuk berjalan. Supaya bayi bebas merangkak, Anda bisa membuatkannya area khusus yang sedikit luas. Sehingga gerakan merangkaknya tidak terhambat ataupun terhenti. Jika sudah pandai dalam merangkak, ajarkan ia untuk belajar berjalan. Caranya adalah seperti berikut:




  • Biarkan ia berlatih berjalan sendiri dengan cara merambat.

  • Jika sudah mampu menjagai keseimbangan, Anda bisa memegang kedua tangannya dan melatihnya untuk berjalan.

  • Sesekali biarkan buah hati Anda berjalan sendiri. Sedangkan Anda mengawasinya dari depan. Bila sudah berjalan beberapa langkah, Anda bisa menangkapnya.

  • Dengan latihan merangkak dan berjalan lebih rutin tentu saja perkembangannya akan lebih optimal bahkan lebih cepat.


Mungkin itulah berbagai periode perkembangan bayi yang benar-benar membutuhkan perhatian. Sebagai orang tua tentu saja Anda tidak ingin kehilangan momen berharga ini bukan? Karena itulah sebaiknya jangan sampai melewatkannya dan jika perlu Anda bisa mengabadikan momen perkembangan ini sebagai kenang-kenangan. Melatih dan memperhatikan periode perkembangan buah hati juga bisa menghindarkan bayi menjadi anak pasif dan kurang berkembangan.

0 comments:

Post a Comment

 
www.kalbariana.net © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects