Cara Diet Sehat dan Aman yang Tidak Menyiksa

Memiliki tubuh yang sehat serta tampak berisi namun dengan bentuk yang tetap terjaga menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh setiap orang terlebih oleh wanita. Salah satu cara untuk dapat memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan adalah dengan berdiet. Melakukan diet harus tepat karena jika tidak, justru dapat membuat tubuh Anda menjadi sakit ataupun bertambah gemuk. Terdapat cara diet sehat yang aman dan dapat Anda lakukan sehari-hari.

diet sehat


Pertama adalah pahami tentang kalori. Salah satu yang menyebabkan tubuh kelebihan berat badan adalah karena kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang dibakar dan hilang. Jika Anda membutuhkan kalori sebanyak 1500 kcal, maka hindari makan di atas jumlah kalori tersebut ataupun di bawah 1.300 kcal. Jika kalori yang masuk terlalu sedikit, justru akan membuat Anda menjadi mudah lapar sehingga nanti ketika Anda makan, malah akan membuat Anda kalap sehingga makan lebih banyak.

Kedua adalah bergerak. Berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang harus Anda lakukan tidak hanya untuk menjaga bentuk tubuh, menghilangkan stress namun juga membakar kalori sehingga kalori dalam tubuh Anda berkurang. Untuk meningkatkan keringat yang keluar, Anda dapat menggunakan jaket yang nyaman untuk digunakan. Hindari untuk terlalu memforsir olahraga Anda. Jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan adalah berenang, berlari, bersepeda. Jika Anda tidak bisa berolahraga karena jadwal padat, Anda dapat melakukan aktivitas lain seperti membersihkan rumah ataupun menari yang dapat membakar kalori di seluruh bagian tubuh.

Ketiga adalah kurangi makan dalam porsi yang besar. Sebaiknya makan dalam porsi yang lebih sedikit namun sering. Hindari makanan yang mengandung banyak kalori dan lemak dan pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum atau oats dan beras merah. Untuk tetap dapat melakukan cara diet sehat, Anda harus menjaga jam makan Anda misalnya tetap sarapan sesibuk apapun Anda. Dengan sarapan, dapat membantu untuk memberikan sumber energi serta mengurangi lapar di siang hari sehingga mencegah Anda makan terlalu banyak ketika makan siang.

Keempat adalah mengurangi junk food dan minuman bersoda serta makanan dan minuman yang terlalu manis dan asin. Junk food dan minuman bersoda memiliki jumlah kalori yang tinggi dan dapat menambah timbunan lemak yang ada di tubuh Anda. Sedangkan minuman dan makanan yang terlalu manis ataupun asin, dapat mempengaruhi kerja organ Anda misalnya pembuluh darah. Jangan lupa untuk mengurangi cafein dalam kehidupan sehari-hari Anda dan lebih perbanyak asupan air putih yaitu 8 gelas sehari atau sesuai dengan aktivitas Anda. Jika Anda bekerja lebih aktif, maka asupan minuman Anda juga harus lebih banyak untuk menjaga kadar air dalam tubuh dan menghindari dehidrasi.

Cara diet sehat yang aman dan alami yang lainnya yang dapat Anda lakukan setiap hari yaitu:

  • Minum air sebelum makan sehingga dapat mengurangi nafsu makan Anda karena Anda akan merasa lebih kenyang.
  • Mengganti nasi putih dengan gandum/oat/beras merah/nasi ketan. Nasi ketan memiliki tekstur yang lebih lengket sehingga jika dikonsumsi dapat membuat Anda kenyang lebih lama sedangkan nasi merah memiliki karbohidrat kompleks yang juga dapat membuat Anda menjadi kenyang lebih lama.
  • Mengkonsumsi sayur dan buah terlebih jika Anda merasa ingin ngemil. Salah satu buah yang cocok ketika Anda diet adalah apel.
  • Konsisten untuk menjalani diet. Kuatkan pikiran dan mental Anda sebelum Anda melakukan diet sehingga dapat lebih fokus hingga akhir.


0 comments:

Post a Comment

 
www.kalbariana.net © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects