Harddisk Laptop 250gb, dan Beberapa Spek Umum yang Biasanya Disematkan

Setiap laptop pasti mempunyai perangkat penyimpanannya sendiri yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file musik, film, foto, hingga berseri-seri drama korea yang dapat ditonton setiap saat di laptop. Semua file tersebut akan disimpan dalam sebuah perangkat komputer bernama harddisk. Harddisk terdiri dari dua jenis yaitu harddisk internal yang merupakan bawaan dari laptop dan biasanya berkapasitas harddisk laptop 250gb hingga 500gb.


harddisk laptop


Kapasitas harddisk internal laptop tersebut biasanya tidak akan muat untuk menyimpan berbagai file yang Anda punya apalagi bila gemar untuk mengunduh berbagai file yang kapasitasnya besar. Sehingga salah satu solusinya adalah membeli harddisk internal yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file yang sebelumnya telah disimpan di harddisk internal laptop. Ukuran harddisk internal laptop sendiri bermacam-macam sesuai harga yang ditawarkan. Harddisk dengan kapasitas 250gb harganya lebih murah dibanding yang lain, akan tetapi daya simpannya juga hanya sedikit saja. Akan tetapi bagi yang tidak terlalu mempunyai banyak file musik atau film di laptop kapasitas ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan. Umumnya sekarang ini orang akan membeli harddisk eksternal minimal berkapasitas 500gb, sedangkan di pasaran sendiri sudah ada harddisk ukuran 1 terabyte hingga 2 terabyte.

Harddisk sendiri mempunyai beberapa jenis yang umumnya di gunakan, antara lain:

  • Harddisk ATA/ EIDE
Jenis ini merupakan harddisk lama yang mempunyai kapasitas kecil seperti harddisk laptop 250gb, atau 320gb saja. Sedangkan kebutuhan penyimpanan sekarang semakin besar sehingga harddisk ini sudah banyak ditinggalkan.

  • Harddisk SCSI
Jenis harddisk Small Computer System Interface (SCSI) ini merupakan harddisk yang mempunyai kecepatan membaca dan kapasitas paling tinggi hingga 5tb. Karena berbagai kelebihannya harga harddisk ini juga cenderung lebih mahal dan dijadikan sebagai penyimpanan data pada komputer server.

  • Harddisk RAID
Harddisk ini juga mempunyai performa luar biasa dan kapasitas penyimpanan yang besar.

  • Harddisk SATA
Serial Advanced Technology Attachment atau harddisk SATA merupakan harddisk yang umum digunakan untuk harddisk laptop dan PC internal saat ini.

  • Harddisk SSD
Merupakan jenis harddisk yang sudah tidak mempunyai bagian mekanik lagi yang terpasang pada harddisk ini. Harddisk Solid State Disk (SSD) menggunakan teknologi yang mirip USB Drive atau dengan memakai memori komputer.

Selain itu menyimpan data, harddisk sendiri mempunyai beberapa fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh pemakainya. Salah satunya dapat digunakan untuk media back up data penting yang sangat dibutuhkan. Data yang ada pada laptop atau komputer merupakan komponen yang paling penting dan berharga sehingga ketika laptop tiba-tiba rusak hal yang pertama akan kita pikirkan adalah data yang ada di dalamnya. Data tersebut sudah di back up oleh harddisk internal sehingga masih tetap aman selama bukan harddisknya yang rusak.


Harddisk juga merupakan tempat penyimpanan data software agar dapat digunakan oleh pemakainya. Oleh karena itu bagi pemilik laptop dengan banyak aplikasi seperti laptop untuk bermain game sebaiknya menggunakan harddisk eksternal untuk menyimpan data lain. Harddisk laptop yang penuh akan berpengaruh pada performa laptop sehingga kinerjanya akan menjadi lamban dan tidak optimal.

Sama halnya dengan perangkat keras komputer lainnya harddisk juga perlu untuk dirawat agar umurnya panjang dan dapat terus digunakan. Begitu juga ketika akan memilih harddisk hal yang paling penting adalah sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Harddisk laptop 250gb memang tergolong kapasitas yang kecil, akan tetapi apabila itu lebih dari cukup yang dibutuhkan sebaiknya tetap saja beli harddisk tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 
www.kalbariana.net © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects