Memilihkan Sepatu Sekolah untuk Anak yang Sesuai

Sepatu merupakan salah satu perlengkapan utama yang selalu digunakan oleh anak sekolah. Selain berfungsi untuk melindungi kaki dari berbagai ancaman luar yang mungkin dihadapi oleh anak sekolah, sepatu juga berfungsi sebagai alas kaki yang dapat difungsikan sebagai identitas ataupun seragam dari anak sekolah tersebut. Pada umumnya antara satu sekolah dengan sekolah lain akan memiliki peraturan yang berbeda mengenai ketentuan sepatu sekolah bagi para siswa siswinya. Lalu bagaimana cara pemilihan tepat yang dapat dilakukan orang tua dalam memilihkan sepatu untuk perlengkapan sekolah putra putri mereka?

sepatu sekolah anak


Hal paling penting yang harus diperhatikan oleh orang tua pada saat membelikan sepatu bagi keperluan sekolah putra putri mereka adalah kebutuhan akan sepatu tersebut, serta tingkat kenyamanan yang harus didapatkan oleh anak ketika mengenakan sepatu tersebut. Jangan membeli sepatu untuk anak berdasarkan pertimbangan harga yang mahal pada sepatu. Semahal apapun harga dari sepatu yang akan Anda beli, jika anak Anda tidak nyaman dalam mengenakannya, maka harga mahal dari sepatu tersebut tidak akan mempengaruhi penggunaan sepatu.

Berikut ini pertimbangan lain yang dapat Anda gunakan dalam membeli dan memilih sepatu sekolah bagi putra putri Anda, yang antara lain adalah:

  • Perhatikan ukuran kaki anak, dan pilihlah sepatu dengan ukuran yang sedikit lebih longgar dari ukuran kaki anak, agar ukuran tersebut nyaman digunakan.
  • Pilihlah sepatu dengan bahan sol yang empuk sehingga memungkinkan anak untuk dapat melakukan pergerakan secara bebas tanpa terganggu kerasnya sol sepatu tersebut.
  • Pilihlah sepatu yang memiliki rongga udara pada bagian permukaan sepatu, agar nantinya sepatu tidak menyebabkan kelembaban pada kaki anak.
  • Pilihlah sepatu dengan berat yang ringan, sehingga memungkinkan anak untuk dapat bergerak dengan leluasa tanpa terbebani beratnya sepatu yang dikenakan.

Selain hal-hal diatas, hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan sepatu untuk anak sekolah adalah ketentuan ataupun peraturan yang ditetapkan oleh sekolah. Pada umumnya setiap sekolah akan mewajibkan anak untuk mengenakan sepatu berwarna hitam pada hari-hari wajib, serta sepatu dengan warna bebas pada hari-hari tertentu saja. Pemilihan model sepatu dengan tali ataupun bahan perekat lainnya, juga harus disesuaikan dengan peraturan pihak sekolah, karena beberapa sekolah mewajibkan anak didiknya untuk menggunakan sepatu dengan model tali ataupun model lainnya.

Cara perawatan sepatu juga harus Anda pertimbangkan dengan seksama, pastikan Anda memilih sepatu yang memiliki cara mudah dalam perawatannya. Hal ini penting untuk dilakukan, mengingat nantinya Anda akan memberikan tanggung jawab perawatan sepatu kepada putra putri Anda. pemilihan sepatu dengan cara perawatan yang mudah, akan dapat meningkatkan minat rawat pada anak akan sepatu yang akan mereka kenakan. Jadi pastikan Anda memilih sepatu dengan cara perawatan yang mudah bagi keperluan sekolah putra putri Anda.

Akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan untuk mengajak anak ketika membelikan sepatu sekolah bagi mereka. selain dapat secara langsung mengukur dan mengepaskan sepatu dengan ukuran kaki anak, Anda juga dapat mengetahui secara langsung model sepatu yang sesuai dengan ketentuan pihak sekolah, karena anak lebih memahami mengenai model sepatu yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Diskusikan secara mendetail model, warna serta ukuran sepatu dengan anak, agar nantinya penggunaan sepatu untuk keperluan sekolah ini menjadi lebih optimal. Jika dana yang Anda miliki memungkinkan untuk membelikan sepatu anak dengan jumlah lebih dari satu, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membelikannya, agar nantinya sepatu dapat dipergunakan secara bergantian oleh anak.

0 comments:

Post a Comment

 
www.kalbariana.net © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects