Hari Kunjung Perpustakaan 2013

Hari Kunjung Perpustakaan 2013

Categories

IP

Visitors

Geovisitor


free counters

Bingung cari software canggih, gratis dan legal???

Corak Insang Khas Kota Pontianak

Kota Pontianak memiliki kain khas tradisional yang disebut kain corak insang. Kain ini biasanya dipergunakan untuk melengkapi pakaian tradisional.

Untuk kaum perempuan digunakan dengan baju kurung sedang untuk laki-laki digunakan untuk’teiok belanga. Kain ini biasanya digunakan pada acara-acara tradisional seperti perkawinan.

Dewasa ini, mulai dari pegawai negeri sipil hingga murid sekolah mengunakan baju bercorak insang ini. Bahkan, corak ini menjadi identitas Kota Khatulistiwa. Bahkan beberapa designer dari Kota Pontianak mulai memadu-padankan corak insang ini ke dalam design pakaiannya dan dipamerkan hingga ke tingkat nasional dan internasional.

Kini corak insang dianggap sebagai bagian dari batik khas Kalbar. Sejarah batik sebenarnya telah dimulai sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar.

Sama dengan corak yang banyak digunakan dalam batik melayu, motif yang digunakan pada masa itu didominasi bentuk binatang dan tanaman. Memang dalam perkembangannya, motif itu beralih, ke bentuk-bentuk abstrak menyerupai awan, relief candi, wayang beber, dan masih banyak lagi.

Kebudayaan itu lebih jauh berkembang menjadi seni batik tulis yang dikenal saat ini, melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian.

Dalam segi warna, batik melayu lebih banyak berwarna kuning, hijau, atau biru sebagai warna khas pakaian adat Melayu. (nia)

Sumber: Harian Berkat, halaman 13 — Selasa, 5 Maret 2011

Leave a Reply

  

  

  


*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>