undangan Penyerahan Hadiah Lomba Bidang Perpustakaan 2014

undangan Penyerahan Hadiah Lomba Bidang Perpustakaan 2014

Pengumuman Lomba Perpustakaan Terbaik dan Pustakawan Berprestasi 2014

Pengumuman Lomba Perpustakaan Terbaik dan Pustakawan Berprestasi 2014

Categories

IP

Visitors

Geovisitor


free counters

Bingung cari software canggih, gratis dan legal???

Dua Pabrik Pengolahan Bauksit Mulai Beroperasi 2014

Jakarta – TAMBANG. Dua pabrik pengolahan bijih bauksit direncanakan mulai beroperasi di Tanah Air pada 2014 mendatang. Yakni pabrik Chemical Grade Alumina (CGA) di Tayan, dan pabrik Smelter Grade Alumina (SGA) di Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar). Kedua smelter pengolahan hasil tambang ini dibangun oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam), dan diharapkan mulai memasuki tahap konstruksi pada 2011 tahun depan.

Direktur Pengembangan Antam, Tato Miraza mengatakan, pihaknya saat ini sudah memasuki tahap finalisasi studi kelayakan terhadap proyek SGA di Mempawah. Joint Venture Agreement (JVA) dengan mitra dari China, Hangzhou Jinjiang Group (HJG) sudah ditandatangani pada 2008, dengan porsi kepemilikan Antam 55%.

Diharapkan SGA Mempawah sudah memasuki masa konstruksi tahun depan, dan mulai berproduksi pada 2014 dengan kapasitas 1 juta ton per tahun. “Nilai proyek ini sekitar USD 900 juta, dan merupakan salah satu proyek pertumbuhan strategis Antam untuk mengurangi ketergantungan pada nikel,” jelas Tato kepada Majalah TAMBANG, pekan lalu.

Untuk proyek CGA Tayan senilai USD 240 juta, Antam menggandeng mitra dari Jepang yakni Showa Denco dan Marubeni Corporation. Pada akhir 2009, Antam dan kedua mitranya ini, telah melakukan retender kontraktor EPC (Engineering, Procurement and Construction) pada akhir 2009.

“Tidak terjadi kesepakatan harga dengan preferred EPC contractor sebelumnya. Kami sudah mengundang beberapa perusahaan lain yang berminat, mudah-mudahan hasilnya bisa diperoleh dalam semester pertama 2010 ini,” jelas Tato.

Untuk pasokan energi, dia mengaku tidak ada masalah. Karena kedua pabrik yang lokasinya bertetangga ini, akan dibuatkan satu PLTU sendiri. Batubaranya diambilkan dari dalam provinsi Kalbar sendiri, dibawah naungan Indonesian Coal Resources yang kepemilikannya hampir 100% dipegang Antam.

Produk SGA merupakan bahan baku aluminium, yang rencananya akan memasok kebutuhan pabrik aluminium di dalam negeri. Jika kebutuhan domestic terpenuhi, SGA dari Antam juga akan diekspor ke China dan Timur Tengah. Sedangkan CGA yang merupakan bahan bahan baku industri teknologi tinggi, akan digunakan untuk memasok kebutuhan industri di Jepang.

Abraham Lagaligo
abraham@majalahtambang.com
Sumber: TAMBANG, 03 Mei 2010 | 21.27

Leave a Reply

  

  

  


*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>